Menumbuhkan Literasi Lewat APE Roda Huruf: Usaha Kecil dengan Dampak Besar di Ruang Sumber
Foto Kegiatan:
https://drive.google.com/open?id=1JSMyW1g3pw0L1QNKl3CsuXYnUTIE_cRf
" Anak-anak luar biasa tidak membutuhkan kita untuk menyempurnakan mereka, mereka hanya butuh kita percaya bahwa mereka mampu "
(14/05/25) - Pendidikan adalah tentang menjangkau semua anak, tak terkecuali mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Hari ini, langkah kecil tapi penuh makna kembali dilakukan di ruang sumber SMPN 32 Surabaya, ketika sebuah alat permainan edukatif (APE) sederhana bernama Roda Huruf menjadi jembatan baru dalam membangun keterampilan literasi siswa berkebutuhan khusus.
Siswa P, salah satu anak luar biasa di ruang sumber, menjadi fokus utama dalam sesi pembelajaran hari ini. Dengan kemampuan mengingat huruf yang sudah cukup baik, siswa P diperkenalkan pada cara menyusun huruf-huruf tersebut menjadi sebuah kata melalui APE Roda Huruf. Namun, meski mampu mengenali dan menyebutkan huruf dengan benar, tantangan muncul saat siswa diminta merangkainya menjadi kata bermakna. Kebingungan masih tampak, tapi semangatnya tak surut.
Situasi ini menjadi pengingat bahwa kemampuan kognitif dan keterampilan aplikatif adalah dua hal yang berbeda, dan keduanya butuh latihan serta pendekatan yang tepat. APE Roda Huruf bukan hanya sekadar alat permainan, melainkan sarana untuk menjembatani pemahaman antara pengenalan huruf dan pembentukan kata.
Dengan pendekatan yang sabar, suportif, dan penuh afirmasi positif, pembelajaran hari ini menjadi momen penting dalam proses bertumbuhnya siswa P. Kegiatan sederhana ini mengajarkan kita bahwa dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus, keberhasilan tidak selalu diukur dari hasil instan, tapi dari setiap langkah kecil yang mereka berani ambil.
Kegiatan di :
SMP NEGERI 32 SURABAYA
Oleh :
MAYLISTA KIRANA DEWI BUDIANTO
1512200007
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA
Foto Kegiatan:
https://drive.google.com/open?id=1JSMyW1g3pw0L1QNKl3CsuXYnUTIE_cRf
" Anak-anak luar biasa tidak membutuhkan kita untuk menyempurnakan mereka, mereka hanya butuh kita percaya bahwa mereka mampu "
(14/05/25) - Pendidikan adalah tentang menjangkau semua anak, tak terkecuali mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Hari ini, langkah kecil tapi penuh makna kembali dilakukan di ruang sumber SMPN 32 Surabaya, ketika sebuah alat permainan edukatif (APE) sederhana bernama Roda Huruf menjadi jembatan baru dalam membangun keterampilan literasi siswa berkebutuhan khusus.
Siswa P, salah satu anak luar biasa di ruang sumber, menjadi fokus utama dalam sesi pembelajaran hari ini. Dengan kemampuan mengingat huruf yang sudah cukup baik, siswa P diperkenalkan pada cara menyusun huruf-huruf tersebut menjadi sebuah kata melalui APE Roda Huruf. Namun, meski mampu mengenali dan menyebutkan huruf dengan benar, tantangan muncul saat siswa diminta merangkainya menjadi kata bermakna. Kebingungan masih tampak, tapi semangatnya tak surut.
Situasi ini menjadi pengingat bahwa kemampuan kognitif dan keterampilan aplikatif adalah dua hal yang berbeda, dan keduanya butuh latihan serta pendekatan yang tepat. APE Roda Huruf bukan hanya sekadar alat permainan, melainkan sarana untuk menjembatani pemahaman antara pengenalan huruf dan pembentukan kata.
Dengan pendekatan yang sabar, suportif, dan penuh afirmasi positif, pembelajaran hari ini menjadi momen penting dalam proses bertumbuhnya siswa P. Kegiatan sederhana ini mengajarkan kita bahwa dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus, keberhasilan tidak selalu diukur dari hasil instan, tapi dari setiap langkah kecil yang mereka berani ambil.
Kegiatan di :
SMP NEGERI 32 SURABAYA
Oleh :
MAYLISTA KIRANA DEWI BUDIANTO
1512200007
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA